Jumat, 20 Maret 2009

meningkatkan rasa percaya diri dalam bola basket

MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM BOLABASKET

Basket adalah permainan mental, disamping permainan fisik. Meningkatkan ketahanan mental adalah kunci untuk meningkatkan prestasi pada semua lini keahlian dasar, termasuk menembak. Anda memerlukan rasa percaya diri untuk menembak dengan baik : Mampu menembak di bawah tekanan membedakan penembak terbaik dari yang terbaik. Hubungan langsung antara percaya diri dalam menembak dan keberhasilan dalam menembak adalah faktor yang paling konsisten yang kita kenal pada penembak –penembak handal. Penembak yang percaya diri mengontrol pikiran, perasaan, dan teknik menembaknya.
Yang sama pentingnya dengan percaya diri adalah tembakan yang akurat, di mana diperlukan keahlian dan berpikir positif. Rasa percaya diri atau mekanisme saja tidak cukup. Keberhasilan berasal dari integrasi mental dan aspek mekanisme menembak.
Bila anda berpikir, seakan anda berbicara kepada diri sendiri. Percakapan itu bisa bersifat positif maupun negatif. Teknik yang disebut positive self-talk dapat membantu anda mengintegrasi aspek mental dan mekanisme menembak, mempercepat peningkatan tembakan anda. Positive self-talk menggunakan kunci keberhasilan untuk meningkatkan prestasi.
Pilihlah kata-kata yang dapat membantu anda mempelajari mekanisme yang benar, menemukan ritme, dan membentuk percaya diri. Kata-kata kunci tersebut harus bersifat positif, singkat dan memiliki personalitas. Kata yang bersifat positif yang anda asosiasikan dengan tembakan yang berhasil disebut kata “anchor” atau pautan. Pilih kata-kata pautan anda sendiri yang dapat membuat anda memvisualkan tembakan anda berhasil, contohnya yes! net! face! whoosh! swish in! through!
Kata-kata kunci bagi mekanisme yang benar dari tembakan anda disebut kata “pemicu”. Contoh kata-kata pemicu adalah :
Legs atau up- kunci penggunaan kaki anda,
Hands- kunci untuk posisi tangan di belakang bola,
Cath- kunci untuk menangkap bola pada posisi menembak di dalam satu gerakan,
High- untuk memulai tembakan tinggi anda dan menghindari rendahnya bola,
Front- untuk memulai tembakan anda dari depan dan menghindari dalam melempar bola,
In atau side- untuk mengatur bola pada sisi untuk menembak dengan siku anda masuk ke dalam,
Loose atau front- untuk mempertahankan agar bahu anda rileks dan sedikit maju ke depan,
Straight- untuk membuat lengan anda terentang ke ring,
Up- kunci untuk sebuah lengkungan tinggi,
Finger, one, atau touch- kunci untuk pelepasan bola yang benar dari jari-jari tangan anda, dan
Through- kunci untuk setiap bagian dari follow-through anda termasuk bahu, lengan, pergelangan tangan dan jari.

Carilah dua kata pemicu mekanisme yang benar dan satu kata pautan untuk memaksakan keberhasilan dalam menembak. Kadang-kadang sebuah kata dapat menjadi pemicu dan pautan. Contohnya, through sebagai kata pemicu dapat berarti kunci untuk follow-through bahu, lengan, pergelangan tangan serta jari dan kata tersebut juga bisa bermakna sebagai kata pautan saat bola masuk ke dalam ring.
Ucapkan kata-kata anda dalam irama, mulai dari saat bergerak untuk menembak dengan kaki anda sampai anda melepaskan bola dari jari-jari anda. Misalnya, jika legs dan through adalah kata-kata pemicu anda dan yes adalah kata pautan, anda dapat mengatakannya secara berirama terhadap tembakan anda : legs-through-yes! Akan lebih baik jika anda mengatakannya dengan keras dari pada berbisik pada diri sendiri.
Ucapkan kata-kata personal anda dengan irama yang seimbang sehingga membentuk irama tembakan anda dan meningkatkan mekanisme dan percaya diri anda. Berikan waktu untuk latihan fisik dan sekaligus mental. Rileks, latihan secara mental, ucapkan kata-kata kunci anda dalam satu irama, meneriakkan kata sandi dalam irama tembakan ketika anda membayangkan tembakan tersebut dan melihat bola masuk ke ring.
Tujuan anda adalah mengurangi kesadaran pikiran dan meningkatkan tembakan secara otomatis. Kata sandi pemicu adalah membantu mekanika tembakan anda secara otomatis dan suatu kata pautan akan memaksakan tembakan yang sukses membantu anda meningkatkan rasa percaya diri. Ketika terbebas anda sudah berubah baik, satu kata pemicu barang kali sudah cukup. Kemungkinan sebuah kata pautan diperlukan untuk memicu aksi yang otomatis tembakan anda.

Tidak ada komentar: